Bantengan Nuswantara 2009 – Batu

Bantengan Nuswantara 2009

Kesenian Bantengan, adalah kebudayaan Jawa kuno.  Ketika masa Pondok Pesantren Tebu Ireng digunakan sebagai media dakwah syiar agama islam. Kesenian Bantengan, bisa dibilang sangat unik karena melibatkan unsur 2 alam (realis dan magis). yaitu alam manusia dan jin (leluhur), maka jika kita melihat seriap seni Bantengan digelar terjadi kesurupan pada pemain, hal itu pula yang menambah keunikan kesenian ini.
(http://bantengannuswantara.wordpress.com/)

Pada posting saya kali ini, saya mencoba mengangkat hal-hal unik diluar bantengan itu sendiri yang sempat terekam dalam jepretan kamera sepanjang acara Bantengan Nuswantara 2009 yang telah dilaksanakan pada hari Minggu, 8 Maret 2009 kemarin di Kota Batu, Jawa Timur.

1. Binatang


binatang-01

Macan Kuning

Macan kuning yang siaga mencari mangsa bantengan.

binatang-03

Macan Putih

Seorang bocah dalam kostum macan putih.

binatang-02

Monyet

Monyetan yang menyukai buah blimbing sayur.

Jujur, saya tidak mengetahui kenapa ketiga binatang tersebut sempat muncul dalam acara Bantengan Nuswantara ini dan apa hubungannya dengan acara bantengan itu sendiri.😀

2. Atraksi

atraksi-01

Putar Peleg Berapi

Atraksi salah seorang peserta memutar peleg ban sepeda yang berapi di kepala.

atraksi-02

Pukul Batu Bata

Unjuk kebolehan dengan memukul setumpukan batu bata di atas kepala menggunakan alat penghancur batu bata.

Jangan tanyakan kenapa harus peleg ban sepeda bukan peleg ban motor atau kenapa harus batu bata bukan batu sungai karena saya juga tidak mengetahuinya.  Itulah salah satu keunikannya.😀

3. Aksesoris

aksesoris-01

Arang

Arang yang akan dibakar untuk memberikan asap atau bau-bauan bagi peserta.

aksesoris-02

Bel kaki

Seorang peserta membantu memasangkan bel di kaki temannya yang memakai konstum bantengan.  Bunyi bel ini akan menjadikan suasana tarian bantengan semakin gemeriah.

aksesoris-03

Mobil Musik

Selain bunyi-bunyian yang dipakai ditubuh peserta, mobil pembawa speaker dan musik-musik pengiring menjadi hal dapat memberikan semangat kepada para peserta bantengan dan para penonton.  Lumayan, musik gratis.😀

Dari pengamatan saya aksesoris-akseoris diatas tanpa unik, tapi memang benda-benda tersebut memberika warna khusus bagi acara bantengan ini.

4. Potrait Peserta

potrait-01

Peserta Cilik

Potrait peserta bantengan cilik yang begitu gembira untuk difoto dan tentunya gembira karena mengikuti acara bantengan ini.

potrait-02

Tusuk Gigi

Potrait salah satu peserta yang unjuk kebolehan dengan menusuk beberapa bagian tubuhnya dengan tusuk gigi (Kata MC acara :D).

potrait-03

Makan ayam hidup

Potrait yang sedikit menyeramkan adalah potrait salah satu peserta yang sengaja, suka, atau kesurupan dengan memamakan ayam hidup-hidup … hrrrrr …

potrait-04

Kelelahan setelah kemasukan

Ini adalah potrait peserta yang begitu kelelahan setelah kesurupan.  Tidak sadarkan diri kalau dia tidur di jalan raya tanpa mengenakan baju.  Semoga tidak luka-luka…

Potrait-potrait yang lucu hingga yang seram..😀 … Semuanya unik.

16 Comments

  1. weitz, baru ja mau posting tentang ni acara bang, dah keduluan.hehehehe…keren2 tuh bang….semoga scoper pada jadi juara semua…amin..hehehe

  2. nice….ikut juga thoo Nto…
    kok gak ketemu yaa… hehehe… lha wong belum kenal yaa…hehehe…

    acara ini emang rada mistis gitu deh..awalnya hujan…eee..taunya panas terik kemudian..
    sukses terus..

  3. **Ella: posting aja Ella…mungkin bisa jadi referensi tuk yg lain tuh…hehehe…ada fotonya kan?

    **m1qbal: Iya…ikutan juga…lautan manusia…susah tuk ketemu kali ya bang…😀 salam kenal deh… sesama pecinta fotografi…hehehe …

    Iya tuh…kata dari sumber yg terpercaya bahwa hujan itu ada yang datangkan…katanya sihh…hehehe…untuk kamera gak kehujanan…hehehe… Sukses dan terus berkarya😀

    **Intan Chubby: merinding ya?? hehehe…acaranya memang seram, apalagi jarak satu meter dengan orang tersebut…untung aja bukan bang atho yg digigit…hehehe.. Klo susah pecah, gak kelihatan ya kekuatannya…hehehe😀 Thanks ya…:D

  4. Salam Rahayu, scoper… ni aku adminnya bn.wp.com
    kita anak muda biar kata modern musti jg ga lupa budaya tradisi ya. Salam Penggiat Budaya.

  5. Duhhhhh… atho ngintip bLog ecek2x sayah (T_T)”

    ketauan dehhhh jadinyaaaaaaaaaaaaa..
    kan jadi maLuuuuuuuu.. huhuhuhu..
    wkwkwkwk… =))

    maaf saya Langsung membaca comment tanpa membaca postingan..

    diLiat dari comment2x aja dah mengerikan.. paLagi photo2x diatas (>,<)’

  6. **mcdoank: Salam rahayu …😀 Betull…jangan tinggal budaya tradisi… Mari terus kembangkan.. Salam penggiat budaya juga..😀

    **Mei: hehehe … gak apa2..langsung koment juga gak apa…gak amsalah kok … mau dikoleksi gak fotonya???😀 gratis dah…hahaha

  7. Keep Posting about BATU … i Like that…

    jangan sampai budaya kita diakui oleh negara tetangga ..😀😀

    salam dari NewBie …

    anak baru nech ga tw apa2x😀😀

  8. Wah,,,pasti anak SCOPE univ Ma Chung ya?

    hahahahaha… semangat bang…

    selalu dukung kami yah..

  9. ihhhh…jarumnya itu… my god!!… bangkai ayam ituu… sereem juga kalo make kesurupan segala….tpi itulah anekaria budaya, kekayaan asli bangsa Indonesia😀
    Dah pernah sih jalan-jalan kesana tpi lgi gak ada event😀

  10. **Rita: Kesurupan sepanjang acara…jadi hal yg tidak seram lagi…malah asyik tuk jadi bjek motret..hehehe…sering ke Batu juga ya Bu???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s